Beberapa Tips Umrah di Bulan Ramadhan

Beberapa Tips Umrah di Bulan Ramadhan

 Melaksanakan ibadah umrah di bulan suci yaitu bulan Ramdhan adalah sangat utama. Karena seluruh rangkaian ibadah di bulan yang sangat suci ini pahalanya dilipatgandakan. Shalatnya, puasanya, bacaan qurannya, dzikirnya, mendapatkan pahala yang dilipatgandakan.

Makanya jangan heran jika di bulan Ramadhan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba untuk bisa hadir di Masjidil Haram, untuk melaksanakan umrah.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan dimana seluruh amalan dilipiatgandakan menjadi 70 kali lipat dari bulan-bulan lainnya. Bulan penuh dengan rahmat, dimana rahmat atau kasih sayang Allah diturunkan seluas-luasnya di bulan ini, dan juga merupakan bulan ampunan, bulan dimana Allah membuka pintu ampunan bagi para hambaNya. Bulan ini juga terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yakni yang dinamakan lailatul godar.

Oleh karenanya banyak umat muslimin yang berduyun-duyun berlomba untuk bisa hadir malaksanakan umrah di bulan ramadhan ini. Sehingga jangan heran keadaan di Masjidil Haram tentunya sangat padat sekali. Seluruh rangkaian ibadah, dari mulai shalat berjamaah, berthawaf, sai, shalat taraweh, baca Quran, i’tikaf penuh sesak, dan tak henti-hentinya.

Begitu juga ketika hendak datang waktu berbuka puasa, Semenjak selesai shalat ashar secara berrjamaah, mulai dipersiapkan alaqah-alaqah yang akan digunakan untuk buka bersama, di barbagai sudut akan terlihat jemaah yang  mulai bekumpul untuk buka bersama.

Di saat Adzan Maghrib dikumandangkan, terlihat jutaan umat Islam, buka bersama dengan hidangan air zam-zam, kurma, ashir, atau bahkan dengan nasi bukhari. Hidangan hidangan tersebut, diletakan di atas plastik memanjang.

Umrah di Bulan Ramadhan memberikan solusi Bagi anda yang akan melaksanakan ibdah umrah di saat bulan ramadhan ini, disarankan untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teknis, sehingga anda akan merasa nyaman dalam melaksanakan umrah.

Adapun Tips melaksanakan umrah di bulan ramadhan adalah sebagai berikut :

  1. Diawal-awal anda baru datang, kenali lokasi-lokasi tempat anda, baik lokasi hotel, jelan ke Haram, ataupun ketika anda berada di  Masjidil Haram.
  2. Melakukan ibadah secara berjamaah, baik ketika akan umrah dengan seluruh rangkaiannya, shalat sunah, thawaf, sai, dan tahalul.
  3. Untuk melakukan umrah yang ke 2 dan seterusnya, sebaiknya dilakukan pada malam hari, ketika suhu mulai dingin. tetapi  hindari waktu-waktu yang sangat padat, seperti ba’dha magrib, Untuk waktu-waktu ini anda gunakan khusus untuk i’tikaf, baca quran, dzikir dan setelah shalat isya dilanjutkan untuk shalat taraweh.
  4. Usahakan tidur siang, untuk mengumpulkan kekuatan guna beribadah di malam hari.
  5. Jangan lupa, membawa tanda pengenal supaya antara jemaah mudah mengenali, dan tidak terpisah.
  6. Usahakan banyak minum air putih, karena suhu sangat panas, diperlukan asupan air yang memadai.
  7. Perbanyak makanan yang dapat meningkatan kekuatan untuk beribadah.
  8. Bawa tas kecil untuk menyimpan berbagai dokumen-dokumen anda,
  9. Ketika akan ke Masjid, hendaknya memawa kantong plastik, guna mengamankan sandal / sepatu anda.

 

Leave a comment



.

Phone 02182736505  Hotline 24 Hours 08111905186 / 081329222032

Copyright 2021 © All Rights Reserved